Puncak Arus Mudik Lebaran 2024: Terminal Poris Kota Tangerang Padat dengan Lebih 2.000 Penumpang

- 7 April 2024, 14:00 WIB
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho (kanan) di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho (kanan) di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang. /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Dok. Polres Metro Tangerang Kota

PR TANGERANG KOTA - Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang diramaikan dengan kedatangan sebanyak lebih dari 2.000 penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2024. Menurut Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Alwien Athen lonjakan jumlah penumpang sudah terlihat sejak kemarin, tepatnya H-5 atau 5 April 2024, dengan total mencapai 1.000 penumpang.

Alwien menjelaskan bahwa angka tersebut mengalami kenaikan yang signifikan dari kondisi normal di mana jumlah penumpang berkisar antara 300 hingga 400 penumpang per hari. "Penumpang di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang pada hari-hari biasa berjumlah sekitar 300 hingga 400 penumpang. Namun, pada puncak arus mudik, tercatat ada 2.000 penumpang yang berangkat dari Terminal Poris Plawad," tuturnya.

Penumpang yang berangkat dari Terminal Poris Plawad Kota Tangerang mayoritas berasal dari pemudik yang menuju Jawa Timur. Sementara itu, tujuan favorit mudik berikutnya adalah Jawa Tengah dan Sumatera.

Sementara, untuk memastikan pengamanan mudik Lebaran 2024, Kepala Polres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho dan Waka Polres AKBP Yolanda Evalyn Sebayang melakukan monitoring intensif terhadap personel yang bertugas di Pos Pengamanan (pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan).

Baca Juga: Pemudik yang Kehabisan Tiket Penyeberangan Merak-Bakauheni Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Kapolres menyatakan bahwa kegiatan monitoring ini, khususnya pada 4 hari menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri, bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi arus mudik yang diprediksi akan meningkat. "Hari ini, H-4 lebaran Idulfitri, saya melihat peningkatan signifikan penumpang di Terminal Poris Plawad. Sebanyak 25 bus mudik gratis telah diberangkatkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan selanjutnya ada 75 bus gratis," ujar Zain kepada media saat berkunjung ke Posyan di Terminal Poris Plawad pada Jumat 6 April 2024.

Dalam kegiatan monitoring, Zain juga bertemu dengan para kru bus, termasuk pengemudi dan kernet. Zain mengingatkan mereka untuk selalu berhati-hati serta beristirahat jika mengantuk atau lelah. Para pengemudi dan kernet bus diminta untuk memperhatikan aturan lalu lintas dan meng-update informasi terkait arus lalu lintas di beberapa ruas jalan yang akan dilalui.

Selain itu, Zain juga mengingatkan para penumpang untuk tetap waspada dan menjaga barang bawaannya. Posko pelayanan telah dipersiapkan dengan tenaga kesehatan yang siap membantu pemeriksaan medis jika diperlukan. "Ada 30 personel yang siaga setiap hari di Posyan, terdiri dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, serta jajaran samping Senkom dan Pokdarkamtibmas. Kami juga melakukan patroli rutin dan mengingatkan penumpang untuk menjaga diri dan barang bawaannya," jelasnya.

Setelah mengecek arus penumpang di Terminal Poris Plawad, Cipondoh Kota Tangerang, Kapolres dan rombongan melanjutkan monitoring pospam di lokasi lain, di antaranya di area Tangcity Mall, Posyan Rest Area KM 14 Arah Tangerang-Jakarta, dan pospam di Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Halaman:

Editor: Baha Sugara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini