Kenapa Harus Investasi Rumah? Berikut Panduan Lengkap untuk Pemula

- 21 Mei 2024, 04:00 WIB
Pelajari tips investasi rumah untuk pemula agar mendapatkan keuntungan maksimal dan risiko rendah. Temukan panduan lengkapnya di sini
Pelajari tips investasi rumah untuk pemula agar mendapatkan keuntungan maksimal dan risiko rendah. Temukan panduan lengkapnya di sini /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/PR Tangerang Kota

PR TANGERANG KOTA - Investasi rumah adalah salah satu jenis investasi properti yang menjanjikan keuntungan besar. Namun, memulai investasi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Meskipun demikian, rumah tetap menjadi properti residensial yang paling dicari, dan banyak ahli menganggapnya sebagai salah satu investasi yang paling menguntungkan.

Artikel ini akan membahas keuntungan investasi rumah dan memberikan tips memulainya untuk pemula, mulai dari memahami dasar-dasar investasi properti, hingga strategi memilih lokasi yang tepat, serta bagaimana mengelola properti agar menghasilkan pendapatan pasif secara optimal.

Keuntungan Investasi Rumah

1. Harga Jual yang Terus Meningkat

Secara umum, harga properti cenderung naik setiap tahunnya, dan ini juga berlaku untuk rumah. Dalam 5 hingga 10 tahun, harga rumah bisa melonjak drastis, dengan perkiraan return of investment (ROI) mencapai 10–15% per tahun. Permintaan yang tinggi, terutama di lokasi strategis dengan fasilitas lengkap, membuat harga jual rumah terus merangkak naik.

2. Tingkat Risiko Rendah

Investasi rumah memiliki tingkat risiko yang relatif rendah dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti saham. Nilai jual rumah cenderung stabil dan terus naik, sehingga menjanjikan keuntungan yang besar dengan risiko kerugian yang minimal.

3. Sumber Pendapatan Pasif

Rumah yang dijadikan aset investasi dapat menghasilkan pendapatan pasif melalui penyewaan. Anda bisa menyewakan rumah atau mengubahnya menjadi bisnis kos-kosan. Pendapatan ini bisa digunakan untuk menutup biaya cicilan kredit rumah (KPR) atau keperluan lainnya.

4. Kebal Dampak Inflasi

Properti, termasuk rumah, memiliki kekebalan terhadap dampak inflasi. Ketika inflasi terjadi, harga properti cenderung stabil atau bahkan meningkat, berbeda dengan investasi lain seperti deposito atau saham yang nilainya bisa naik-turun dengan cepat.

5. Investasi Jangka Panjang

Rumah adalah pilihan investasi jangka panjang yang ideal, terutama jika berada di lokasi strategis. Properti selalu dicari oleh pembeli dan penyewa, menjadikannya pilihan yang baik dibandingkan menyimpan uang yang bisa terkena dampak inflasi.

6. Keuntungan Tidak Ditentukan oleh Pasar

Harga rumah bisa Anda tentukan sendiri berdasarkan umur, kondisi bangunan, lokasi, dan fasilitas di sekitarnya. Ini memberikan fleksibilitas untuk menjual atau menyewakan rumah dengan harga yang diinginkan tanpa harus tergantung pada harga pasar properti.

7. Investasi yang Bermanfaat

Meskipun tidak bersifat likuid, rumah tetap bisa dimanfaatkan jika sulit dijual. Anda bisa menyewakannya atau menjadikannya warisan yang bermanfaat bagi anak-anak. Investasi rumah tidak hanya berbicara soal uang, tetapi juga manfaat yang bisa didapatkan.

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: 99.co


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah