Bansos PIP 2024: Cara Cek Penerima dan Besaran Bantuan Terbaru

- 3 April 2024, 10:07 WIB
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./ pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./ pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews /

Jakarta, PRMN - Bansos PIP atau Bantuan Langsung Tunai dari Program Indonesia Pintar (PIP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2024 kini dapat dicek dengan langkah-langkah online yang sederhana. Sebanyak 18,5 juta siswa menjadi penerima PIP pada tahun ini, dengan dana total mencapai Rp 13,4 triliun.

Para siswa yang berhak menerima bantuan ini berasal dari berbagai kategori, termasuk peserta didik pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus seperti peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, peserta yang terkena dampak bencana alam, hingga yang tidak bersekolah dan diharapkan kembali bersekolah.

Untuk mengecek status pencairan BLT PIP 2024, langkah pertama adalah mengakses website resmi pip.kemdikbud.go.id. Setelah masuk ke dalam website, pengguna diminta untuk memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom pencarian penerima PIP. Setelah itu, lengkapi captcha atau jawab pertanyaan keamanan dari sistem, lalu klik tombol "Cari Penerima PIP".

Cara Cek Penerima Bantuan PIP April 2024

  1. Akses website pip.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom pencarian penerima PIP
  3. Lengkapi captcha atau jawab pertanyaan keamanan dari sistem
  4. Klik tombol "Cari Penerima PIP"
  5. Setelah itu, website akan menampilkan status pencairan bansos PIP 2024 beserta Surat Keputusan (SK) Pemberian jika dana sudah cair.

Besaran bantuan PIP tahun 2024 disesuaikan dengan jenjang pendidikan, di mana siswa SD/SDLB/Paket A menerima Rp450.000/tahun, siswa SMP/SMPLB/Paket B menerima Rp750.000/tahun, dan siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C menerima Rp1.800.000/tahun.

Baca Juga: Game Ini Bisa Hasilkan Saldo DANA Gratis hingga Rp80.000 Setiap Hari

Besaran Dana Bantuan PIP 2024:

  • SD/SDLB/Paket A: Rp450.000/tahun (Rp225.000 untuk siswa baru/akhir)
  • SMP/SMPLB/Paket B: Rp750.000/tahun (Rp375.000 untuk siswa baru/akhir)
  • SMA/SMK/SMALB/Paket C: Rp1.800.000/tahun (Rp900.000 untuk siswa baru/akhir)

Siapa Saja Penerima Program PIP

  • Peserta didik pemegang KIP
  • Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
  • Peserta didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
  • Peserta didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
  • Peserta didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
  • Peserta didik yang terkena dampak bencana alam
  • Peserta didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
  • Peserta didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
  • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Program bansos PIP merupakan inisiatif pemerintah untuk membantu kelancaran pendidikan pelajar dari keluarga kurang mampu secara keuangan. Dengan cara ini, diharapkan beban biaya pendidikan pelajar di Indonesia dapat sedikit terbantu. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan fasilitas online yang tersedia untuk memastikan status penerimaan dan besaran bantuan bansos PIP 2024.***

Editor: Baha Sugara

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x