Kota Tangerang Batasi Study Tour Sekolah, Simak Aturannya di Sini

- 16 Mei 2024, 22:23 WIB
Pembatasan study tour di sekolah-sekolah Kota Tangerang sejak 2023 untuk meningkatkan keamanan siswa dan guru
Pembatasan study tour di sekolah-sekolah Kota Tangerang sejak 2023 untuk meningkatkan keamanan siswa dan guru /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Dok. Pemkot Tangerang

PR TANGERANG KOTA - Dinas Pendidikan Kota Tangerang memberlakukan pembatasan kegiatan study tour atau outing class di sekolah-sekolah. Kebijakan ini diambil sebagai langkah pencegahan terhadap berbagai potensi risiko yang bisa merugikan siswa dan guru, seperti kekerasan seksual dan kecelakaan. Bahkan, pembatasan kegiatan studi tur ini sudah diberlakukan sejak 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menjelaskan bahwa Surat Edaran terkait kebijakan ini telah diterbitkan sejak 15 Februari 2023. Surat Edaran nomor 421.3/0452-Pemb.SMP/ ini mengatur pelaksanaan Pembelajaran di Luar Kelas (Outing Class).

"Kebijakan ini bertujuan untuk mencegah kejadian yang merugikan baik bagi pelajar maupun pengajar. Kegiatan study tour yang jauh dari sekolah meningkatkan risiko terjadinya masalah. Terlebih lagi, peserta study tour umumnya adalah anak-anak SD dan SMP yang belum dewasa," jelas Jamal pada Kamis 16 Mei 2024.

Jamal menambahkan bahwa kegiatan yang diadakan oleh satuan pendidikan memiliki potensi penyimpangan dalam penggunaan anggaran, serta dampak yang tidak signifikan terhadap pembelajaran. "Salah satu alasan lainnya adalah banyaknya kejadian kecelakaan yang melibatkan bus wisata sekolah. Jika insiden seperti itu terjadi, pihak sekolah akan mengalami kesulitan dalam bertanggung jawab," tambahnya.

Pembatasan Kegiatan Study Tour di Kota Tangerang

Berikut ini adalah isi surat edaran yang membatasi kegiatan study tour atau outing class:

1. Outing Class sebagai Strategi Pembelajaran: Outing class dilakukan untuk membantu meningkatkan perkembangan anak melalui pembelajaran di luar ruangan kelas, bukan sebagai ajang tamasya atau wisata.

2. Sifat Outing Class: Outing class tidak wajib dan tidak boleh memberatkan siswa atau orang tua siswa.

3. Persetujuan Orang Tua/Wali Murid: Kegiatan outing class harus mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali murid.

4. Alternatif Tugas untuk Siswa: Siswa yang tidak mengikuti outing class harus diberikan tugas lain yang relevan dengan kegiatan tersebut.

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: Pemkot Tangerang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah