Cek Status Penerima Bantuan PIP 2024 Sekarang! Langkah Mudah di SIPINTAR Enterprise

- 31 Maret 2024, 12:02 WIB
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews /

Tangerang, PRMN - Pemerintah masih terus menyalurkan Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar (PIP) untuk mendukung pendidikan bagi siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin. Proses pendataan calon penerima telah selesai, dan para siswa kini tinggal menunggu pengumuman resmi untuk mengetahui status mereka sebagai peserta PIP tahun 2024.

Namun, ada langkah aktif yang dapat dilakukan oleh siswa atau wali siswa untuk memeriksa status penerima bansos PIP melalui website resmi SIPINTAR Enterprise atau aplikasi android yang dapat diunduh melalui Playstore.

Prosedur untuk mengecek status penerima PIP melalui SIPINTAR Enterprise sangatlah sederhana. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Kunjungi laman https://pip.kemdikbud.go.id.
2. Masuk ke bagian "Cari Penerima PIP"
3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).
4. Lengkapi kode yang diminta dan klik "Cari Penerima PIP".
5. Jika nama siswa muncul, itu berarti adalah penerima PIP.

Baca Juga: Penyaluran Dana PIP 2024: Jadwal Cair dan Cara Cek Penerima Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK

Adapun besaran bantuan sosial PIP bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Siswa tingkat SD/Paket A/SLB akan menerima bantuan sebesar Rp450.000 per tahun, sedangkan siswa SMP/Paket B/SMPLB akan mendapatkan Rp750.000 per tahun. Untuk siswa SMA/SMK/MA/SMALB/Paket C, bantuan yang diberikan mencapai Rp1,8 juta per tahun.

PIP merupakan bantuan sosial pemerintah untuk memberikan dukungan keuangan kepada peserta didik dari latar belakang ekonomi yang rentan, sehingga mereka dapat memperoleh kesempatan belajar yang lebih baik.***

Editor: Baha Sugara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini