Siap-siap Gaji Dipotong untuk Iuran Tapera! Apa Itu Tapera?

- 28 Mei 2024, 13:30 WIB
Gaji pegawai negeri dan swasta di Indonesia akan mengalami potongan tambahan sebagai iuran wajib simpanan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)
Gaji pegawai negeri dan swasta di Indonesia akan mengalami potongan tambahan sebagai iuran wajib simpanan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/tapera.go.id

PR TANGERANGKOTA - Gaji pegawai negeri dan swasta di Indonesia akan mengalami potongan tambahan sebagai iuran wajib simpanan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Kebijakan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 21 Tahun 2024. Aturan baru ini juga berlaku untuk pekerja mandiri atau freelancer.

Apa itu Tapera?

Tabungan Perumahan Rakyat, disingkat Tapera, merupakan program yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera. Tapera bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh akses perumahan yang terjangkau dan layak.

Siapa yang Berhak Menjadi Peserta Tapera?

Peserta Tapera meliputi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki visa kerja di Indonesia selama minimal 6 bulan. Mereka yang telah membayar iuran simpanan, yakni sejumlah uang yang disetor secara berkala oleh peserta atau pemberi kerja, dapat menjadi peserta Tapera.

Besaran Iuran dan Peran Pemberi Kerja

Iuran Tapera ditetapkan sebesar 3% dari gaji atau upah peserta pekerja, di mana pemberi kerja bertanggung jawab atas 0,5% dari total iuran tersebut. Sementara itu, peserta pekerja mandiri menanggung sendiri iuran sebesar 3% dari penghasilan mereka.

Pengelolaan Tapera dilakukan oleh Badan Pengelola Tapera (BP Tapera) yang bertugas menghimpun dan mengelola dana secara efisien. Fokusnya pada penyediaan pembiayaan perumahan untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak bagi Peserta.

Baca Juga: PP Nomor 21 Tahun 2024 Disahkan: Gaji ASN dan Swasta Bakal Dipotong untuk Iuran Wajib Tapera

Kriteria dan Manfaat Pembiayaan

Untuk mendapatkan pembiayaan perumahan dari Tapera, peserta harus memenuhi beberapa kriteria, seperti masa kepesertaan minimal 12 bulan dan status sebagai masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program pembiayaan seperti KPR Tapera, KRR Tapera, KBR Tapera, dan FLPP menjadi pilihan yang tersedia bagi peserta nantinya untuk mewujudkan kepemilikan rumah pertama atau perbaikan rumah pertama.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang Tapera, pemerintah berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini secara maksimal untuk mendapatkan rumah. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat perorangan, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan komunitas.***

Baca Juga: Cara Mudah Miliki Rumah Impian di Tangerang: KPR Sejahtera FLPP Bank Mandiri, Cicilan Mulai Rp1 Jutaan

Halaman:

Editor: Baha Sugara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini