Update Terbaru: Kebijakan Pendataan dan Pengangkatan Non-ASN Tahun 2024

- 28 Mei 2024, 10:30 WIB
Informasi Terbaru: Pendataan dan kebijakan pengangkatan Non-ASN tahun 2024
Informasi Terbaru: Pendataan dan kebijakan pengangkatan Non-ASN tahun 2024 /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/

PR TANGERANGKOTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) baru-baru ini merilis informasi mengenai pendataan Non-ASN, termasuk kebijakan pengangkatan baru Non-ASN tahun 2024. Saat ini BKN sedang melakukan verifikasi data Non-ASN yang terdapat dalam database BKN. Proses pendataan Non-ASN itu telah selesai dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Bagaimana dengan kebijakan pengangkatan baru Non-ASN tahun 2024? Simak penjelasannya berikut ini:

Tahap Finalisasi Pendataan Non-ASN

Pendataan Non-ASN merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, yang mengatur bahwa status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah hanya terdiri dari PNS dan PPPK hingga 28 November 2023. Tujuan utama pendataan pegawai honorer ini adalah untuk memetakan kondisi pegawai Non-ASN dan membantu pemerintah menyusun strategi kebijakan terkait pegawai honorer.

Masing-masing instansi pemerintah melakukan pengecekan terakhir atau finalisasi akhir pendataan tenaga Non-ASN pada 31 Oktober 2022. Langkah ini meliputi penerbitan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) sebagai hasil akhir pendataan dan pengumuman hasil akhir data tenaga Non-ASN pada kanal informasinya.

Hasil pendataan ini kemudian disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi pemerintah terkait. Pegawai honorer dapat mengecek hasil pendataan Non-ASN pada Biro SDM, BKD, BKPSDM, atau BKPP instansinya masing-masing.

Verifikasi Data Non-ASN oleh BKN

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang melakukan verifikasi data Non-ASN yang terdapat dalam database BKN. Proses verifikasi ini penting untuk memastikan keakuratan dan validitas data pegawai Non-ASN yang telah dikumpulkan. BKN menegaskan bahwa tidak akan ada pendataan tenaga Non-ASN tahun 2024. Kebijakan mengenai pendataan Non-ASN selanjutnya akan diatur dalam Rancangan Peraturan Perundang-undangan (RPP) Manajemen ASN yang sedang disusun.

Baca Juga: Wajib Tahu! Larangan Baru Pj Wali Kota Tangerang untuk ASN di Pilkada 2024

Informasi Terbaru: Kebijakan Pengangkatan Non-ASN Tahun 2024

Berdasarkan siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diterbitkan 18 April 2024, pemerintah mengumumkan beberapa informasi terbaru terkait kebijakan pengangkatan Non-ASN. Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh BKN, beberapa langkah strategis akan diambil untuk mengelola tenaga Non-ASN yang telah terdata. Berikut adalah poin-poin penting dari informasi terbaru tersebut:

1. Pengangkatan PPPK dari Non-ASN Terdata

Bagi tenaga honorer yang telah terdata dan memenuhi kualifikasi, akan diprioritaskan untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Proses ini akan dilakukan secara bertahap berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang tersedia di masing-masing instansi.

2. Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Non-ASN

Pemerintah akan memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi tenaga Non-ASN yang terdata. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka sehingga siap diangkat menjadi PPPK atau menempati posisi lain yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: BKN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah