Fakta Terbaru: Apakah Gaji ke-13 PNS Memang Telah Dihentikan? Temukan Jawabannya

- 20 Mei 2024, 19:50 WIB
Ilustrasi: Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait gaji ke-13 PNS tahun ini
Ilustrasi: Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait gaji ke-13 PNS tahun ini /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Dok. Kemenkeu

PR TANGERANG KOTA - Apakah Anda khawatir dengan penghentian gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Berita yang beredar belum tentu selalu akurat. Mari kita tinjau lebih dekat tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Sebuah unggahan di media sosial X baru-baru ini menciptakan kekhawatiran dengan narasi bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani telah resmi menghentikan gaji ke-13 bagi PNS. Narasi ini terbukti tidak sepenuhnya benar.

Sebagaimana dilaporkan oleh ANTARA, Menteri Keuangan Sri Mulyani memang mengumumkan penghentian pemberian gaji ke-13 bagi sebagian golongan PNS tertentu. Namun, hal ini hanya berlaku bagi PNS yang sedang dalam masa cuti atau ditugaskan di luar instansi.

Penjelasan

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024, PNS yang sedang cuti atau ditugaskan di luar tanggungan negara tidak akan menerima bonus gaji ke-13 ini. Begitu juga bagi mereka yang sedang menjalankan tugas baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan mendapatkan gaji dari tempat penugasannya.

Baca Juga: Pemerintah Terbitkan Aturan Baru: Jadwal Pencairan THR dan Gaji ke-13 Bagi Aparatur Negara

Unggahan yang menarasikan Sri Mulyani menghentikan gaji ke-13 PNS. Faktanya, gaji ke-13 bagi PNS yang sedang cuti atau ditugaskan di luar instansi /X
Unggahan yang menarasikan Sri Mulyani menghentikan gaji ke-13 PNS. Faktanya, gaji ke-13 bagi PNS yang sedang cuti atau ditugaskan di luar instansi /X

Tak hanya itu, PP Nomor 14 Tahun 2024 juga mengatur bahwa pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) paling cepat dilakukan H-10 sebelum hari raya atau sesudahnya. Sedangkan untuk gaji ke-13, pemberiannya akan dilakukan paling cepat pada bulan Juni 2024 atau setelahnya.

Jadi, kesimpulannya adalah gaji ke-13 bagi PNS tidak dihentikan secara keseluruhan. Namun, hal ini hanya tidak diberikan kepada PNS yang sedang dalam masa cuti atau ditugaskan di luar instansi. Bagi PNS yang tidak termasuk dalam kategori tersebut, pencairan gaji ke-13 tetap dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jangan terburu-buru percaya dengan berita yang belum diverifikasi sepenuhnya. Pastikan untuk selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya sebelum membuat keputusan atau memberikan tanggapan terhadap suatu isu. Semoga penjelasan ini dapat memberikan kejelasan mengenai status gaji ke-13 bagi para PNS.***

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah