Honorer akan Diangkat Menjadi Pegawai PPPK secara Keseluruhan

- 15 April 2024, 23:49 WIB
Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024: Peluang karir terbaru dengan 2,3 juta formasi
Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024: Peluang karir terbaru dengan 2,3 juta formasi /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/

PR TANGERANG KOTA - Presiden Joko Widodo belum lama ini mengumumkan rencana pemerintah untuk mengangkat para honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) secara keseluruhan. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan pengesahan terkait PPPK turunan UU ASN Nomor 20.

Dalam konferensi pers pada Januari 2024 lalu, Presiden mengungkapkan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) untuk 2,3 juta formasi pada tahun 2024. Rincian dari jumlah tersebut adalah 690 ribu formasi CPNS yang akan diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate. Formasi CPNS ini akan dialokasikan untuk posisi tenaga kesehatan, guru, dosen, dan tenaga teknis.

Sementara itu, sebanyak 1,6 juta formasi akan dialokasikan untuk tenaga honorer yang belum diangkat menjadi PPPK, serta untuk posisi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Proses penerimaan CPNS dan PPPK 2023 akan dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Adapun persyaratan umum untuk mendaftar CPNS dan PPPK 2024 adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau P3K
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah

Proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 dilakukan melalui portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) dengan menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Tahapan seleksinya terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan verifikasi dokumen.

Baca Juga: 5.186 Pegawai Honorer Pemkot Tangerang Bakal Alih Status Jadi PPPK Tahun 2024

Formasi 1,6 Juta Posisi

Pemerintah juga akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) sebanyak 3 kali dengan jumlah formasi yang fantastis, yaitu 1,6 juta posisi, bagi guru, dosen, hingga tenaga teknis honorer. Proses pengangkatan menjadi PPPK 2024 ini tidak akan mudah dan akan melalui berbagai tahapan serta seleksi yang teliti dan selektif guna menghindari kecurangan.

Skema pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 menekankan pada kategori prioritas yang diuntungkan, termasuk honorer dengan masa kerja paling lama dan usia mendekati 46 tahun. Meskipun memakai sistem nilai dan pemeringkatan, tenaga honorer dengan kriteria tersebut akan tetap menjadi prioritas dalam pengangkatan menjadi PPPK.

Dengan rencana ini, diharapkan kualitas pelayanan publik dapat meningkat, dan tenaga honorer mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik. Bagi lulusan baru dan fresh graduate, rekrutmen CPNS juga menjadi peluang untuk memulai karir di sektor pemerintahan. Proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 dapat diikuti melalui laman SSCASN yang telah disediakan oleh pemerintah.***

Editor: Baha Sugara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini