Bukan Hanya Orang Tua, Remaja Juga Rentan Diabetes! Simak Tipsnya

- 15 Mei 2024, 11:00 WIB
ILUSTRASI: Tips mencegah diabetes pada generasi muda
ILUSTRASI: Tips mencegah diabetes pada generasi muda /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Dok. Pemkot Tangerang

PR TANGERANG KOTA - Diabetes, sebuah penyakit yang sering dikaitkan dengan usia lanjut, sekarang juga mengintai generasi muda. Tidak hanya orang dewasa, remaja dan anak muda juga rentan terkena diabetes, sebuah masalah serius yang perlu mendapat perhatian di bidang kesehatan.

Menurut dokter Dini Anggraeni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, diabetes pada usia muda bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan masalah kesehatan lainnya. Faktor genetik juga memainkan peran penting dalam meningkatkan risiko diabetes pada remaja.

Baca Juga: Apa itu KRIS? Pengganti Sistem Kelas BPJS Kesehatan

Gaya Hidup Sehat sebagai Pencegahan

"Kebanyakan kasus diabetes pada anak muda disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Di Indonesia, minuman tinggi gula menjadi penyumbang utama risiko diabetes tipe 2 pada generasi muda," ujarnya dikutip dari situs Pemkot Tangerang Rabu, 15 Mei 2024.

Untuk mengurangi peningkatan kasus diabetes pada generasi muda, dokter Dini menganjurkan agar anak-anak dan remaja mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat berlebihan, daging olahan, serta membatasi asupan gula harian.

Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan

"Dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi sayur-sayuran, ikan beromega 3, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar. Hindari minuman berperisa tinggi gula dan batasi makanan manis," tambahnya.

Selain itu, dokter Dini juga mengingatkan akan gejala diabetes tipe 2, seperti rasa haus yang terus meningkat, penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya, serta seringnya buang air kecil terutama pada malam hari.

Baca Juga: Kemenkes Godok Aturan Baru untuk Kelas Rawat Inap Standar di RS Mitra BPJS Kesehatan

Berolahraga untuk Kesehatan Optimal

"Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan rutin berolahraga seperti jalan cepat, yoga, bersepeda, atau berenang. Ini dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: Pemkot Tangerang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah