Tahapan Pencairan Bansos PIP 2024: Jadwal, Besaran Bantuan, dan Cara Cek Penerima di SIPINTAR

- 14 April 2024, 05:09 WIB
Jadwal pencairan bansos PIP 2024 dan cara mengecek penerima
Jadwal pencairan bansos PIP 2024 dan cara mengecek penerima /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/

PR TANGERANG KOTA - Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 telah mengumumkan jadwal pencairan bantuan sosial (bansos) yang ditujukan untuk pelajar di Indonesia. Informasi ini sangat penting untuk dipantau oleh para orang tua agar tidak ketinggalan dalam mendapatkan bantuan yang telah disediakan pemerintah. Untuk mengetahui jadwal pencairan bansos PIP 2024 serta cara memeriksanya, baca artikel ini hingga selesai.

Besaran Bantuan dan Kategori Siswa

Bansos PIP 2024 menawarkan bantuan dengan besaran yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat pendidikan masing-masing siswa. Berikut adalah rincian besaran bantuan yang akan diterima oleh setiap kategori siswa:

  1. Siswa Sekolah Dasar (SD): Rp450 ribu per tahun
  2. Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Rp750 ribu per tahun
  3. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Rp1,8 juta per tahun

Baca Juga: Peserta Didik Jangan Lewatkan! Proses Aktivasi Rekening PIP 2024 Mulai 16 April

Proses Verifikasi dan Pencairan

Bantuan bansos PIP 2024 didasarkan pada data penerima kesejahteraan sosial yang telah diverifikasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dan dipadukan dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) siswa. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan siswa di sekolah serta keakuratan data yang digunakan.

Jadwal Pencairan Tahap-Tahap Bansos PIP 2024

Jadwal pencairan bansos PIP 2024 terbagi menjadi tiga tahap yang dijelaskan secara rinci sebagai berikut:

  1. Tahap 1 (Mei - September 2024): Penyaluran pada tahap ini dilakukan kepada siswa yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  2. Tahap 2 (Oktober - Desember 2024): Dana PIP tahap 2 akan disalurkan kepada siswa yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik), usulan pemangku kepentingan, serta siswa yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) penerima PIP.
  3. Tahap 3 (Oktober - Desember 2024): Penyaluran tahap 3 akan diberikan kepada siswa yang belum menerima dana PIP pada tahap 1 dan 2, serta siswa yang mengalami perubahan status.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bantuan PIP 2024 secara Online Lewat HP

Ilustrasi bansos Program Indonesia Pintar (PIP) 2024
Ilustrasi bansos Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 Dok. Kemdikbud

Cara Memeriksa Jadwal Pencairan Bansos PIP 2024

Untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan bantuan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, orang tua dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Akses laman SIPINTAR melalui link Cek PIP [di sini](link-cek-pip).
  2. Lakukan login dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom "Cari Penerima PIP".
  3. Masukkan hasil perhitungan keamanan yang ditampilkan dan klik tombol "Cari Penerima PIP".

Demikianlah informasi mengenai jadwal pencairan bansos PIP 2024 beserta cara memeriksanya. Pastikan untuk terus memantau perkembangan terkini terkait program ini agar tidak ketinggalan informasi yang penting.***

Halaman:

Editor: Baha Sugara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini