159.557 Narapidana Dapat Remisi dari Kemenkumham, 6.202 di Wilayah Banten

- 10 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Lapas
Ilustrasi Lapas /Foto: PIXABAY/ Ichigo121212/

PR TANGERANG KOTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi kepada sebanyak 159.557 narapidana di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.202 narapidana mendapatkan remisi di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten pada hari Rabu, 10 April 2024.

Menurut keterangan resmi yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly di Serang, remisi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada narapidana yang telah menunjukkan perilaku baik, berusaha memperbaiki diri, dan siap kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif.

Dari total 6.202 narapidana di Kantor Wilayah Banten, sebanyak 6.136 orang mendapatkan Remisi Khusus (RK) I, yang merupakan pengurangan sebagian masa pidana, sementara 66 narapidana lainnya mendapatkan RK II yang memungkinkan mereka langsung bebas.

Baca Juga: Gaya Luwes Airin Rachmi Diany Bersama Putrinya dengan Busana Lebaran Biru Prabowo

Menkumham Yasonna Laoly juga mengungkapkan bahwa pemberian remisi dan Program Pembinaan Melalui Penggunaan Masa Pidana (PMP) merupakan indikator bahwa narapidana telah patuh pada aturan di lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, dan lembaga khusus anak-anak. Hal ini juga menandakan bahwa mereka telah aktif mengikuti program pembinaan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto menjelaskan bahwa remisi adalah bentuk pengurangan masa hukuman yang diberikan kepada narapidana dan anak binaan yang memenuhi syarat berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Baca Juga: OJK Ingatkan Anak Muda Hindari Investasi Ilegal di Musim THR

Adikoeswanto juga menekankan pentingnya peran semua pihak dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham dalam menjalankan pembinaan narapidana.

Halaman:

Editor: Baha Sugara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah