Aplikasi Pendukung Perjalanan Mudik yang Wajib Dimiliki

- 31 Maret 2024, 23:39 WIB
Ilustrasi mudik/Antara
Ilustrasi mudik/Antara /

Tangerang, PRMN - Semakin dekat dengan momen mudik Lebaran, jutaan pemudik di Indonesia kini mendapat keuntungan dari kemajuan teknologi yang memberikan solusi praktis perjalanan mudik. Berbagai aplikasi penunjang akan membantu pemudik mengatasi keresahan dan kekhawatiran yang sering kali menyertai perjalanan.

Mulai dari pencarian tiket transportasi hingga informasi terkini tentang kondisi lalu lintas dapat diakses melalui aplikasi di ponsel. Aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi teman setia bagi para pemudik antara lain:

1. Navigasi yang Andal

Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze membantu memberikan informasi tentang rute terbaik, perkiraan waktu tempuh, dan kondisi lalu lintas yang diperbarui secara aktual. Dengan bantuan aplikasi ini, pemudik dapat menghindari kemacetan dan memilih rute terbaik untuk perjalanan mudik yang lebih efisien.

2. Pencarian Bengkel Terdekat

Aplikasi bengkel seperti myhalobengkel, Digiroom by Auto2000, dan Honda e-Care memberikan informasi tentang lokasi bengkel terdekat di sepanjang perjalanan. Hal ini memudahkan pemudik untuk menemukan bengkel yang terpercaya dan dapat melakukan perbaikan darurat jika diperlukan.

3. Konsultasi Kesehatan Online

Aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter menjadi pilihan pertama saat pemudik mengalami keluhan sakit di perjalanan. Mereka dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan bantuan medis atau informasi tentang layanan kesehatan.

4. Pemesanan Tiket Transportasi

Aplikasi agen perjalanan seperti Traveloka, Agoda, dan Tiket.com memudahkan pemudik untuk memesan tiket transportasi secara online. Dengan berbagai pilihan paket perjalanan, mereka dapat menyesuaikan perjalanan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

5. Informasi Pengisian Bahan Bakar

Aplikasi seperti MyPertamina dan Charge.IN memberikan informasi tentang lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Ini memudahkan para pemudik yang membawa kendaraan pribadi untuk mencari tempat pengisian bahan bakar selama perjalanan.

Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, diharapkan perjalanan mudik Lebaran tahun ini akan menjadi lebih lancar dan nyaman bagi para pemudik.***

Editor: Baha Sugara

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini