Pemilu Tinggal 88 Hari Lagi, Polisi Fokus Cegah Konflik Menjelang Masa Kampanye

- 18 November 2023, 01:10 WIB
Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya menggelar diskusi Pemilu Damai 2024 di Tangcity Mall, Jumat, 17 November 2023.
Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya menggelar diskusi Pemilu Damai 2024 di Tangcity Mall, Jumat, 17 November 2023. /Info Tangerang Kota/Muhamad Sultan Tanjung

PRMN TANGERANGKOTA - Kepala Polres Metro Tangerang Kota Komisaris Besar Zain Dwi Nugroho menegaskan komitmennya untuk mencegah terjadinya konflik yang dapat muncul dari perbedaan dukungan calon maupun disinformasi menjelang Pemilu 2024. Sejak 19 Oktober 2023, Polres telah melaksanakan Operasi Mantap Brata guna menjaga Pemilu 2024 berlangsung damai.

"Dengan berbagai cara yang dilakukan oleh pendukung calon, baik wajar maupun tidak, situasi politik tentu akan semakin meningkat menjelang masa kampanye," ungkap Zain dalam diskusi Pemilu Damai 2024 bertajuk "Tangerang Asik: Aman, Sejuk, Damai, dan Kondusif, Jumat, 17 November 2023.

Menurut Zain, disinformasi dapat menimbulkan konflik karena biasanya berawal dari berita-berita yang menyesatkan. Untuk itu, Zain meminta masyarakat untuk bijak dalam menyebarkan informasi.

Diskusi yang digelar di Tangcity Mall ini diinisiasi oleh Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya. Acara tersebut berhasil menarik perhatian seratusan masyarakat yang antusias mengikuti dialog.

Selain Kapolres, diskusi dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra, Ketua Bawaslu Kota Tangerang Komarullah, dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Teguh Supriyanto.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menyatakan tujuan diskusi ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengajak pemilih pemula agar ikut berpartisipasi dalam menciptakan kondusivitas jelang Pemilu 2024 yang tinggal 88 hari lagi pada 14 Februari 2023.

"Pemilu 2024 didominasi oleh pemilih muda usia 17-24 tahun, oleh karena itu, KPU berkomitmen untuk mengajak milenial dan gen Z agar aktif terlibat dalam Pemilu 2024," ujar Syailendra.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Komarullah mendorong masyarakat agar peka terhadap pelanggaran pemilu, khususnya pada tahapan kampanye yang dimulai pada 28 November 2023. Ia menekankan bahwa pelaporan pelanggaran pemilu dapat dilakukan tanpa mengkhawatirkan kerahasiaan identitas pelapor.

"Sumber pelanggaran berasal dari temuan dan laporan masyarakat. Tanpa peran masyarakat, Bawaslu mungkin akan kewalahan dalam melakukan pengawalan," kata Komarullah.

Halaman:

Editor: Fandi Achmad


Tags

Artikel Pilihan

Terkini